Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Dijalankan Guru

Apakah anda seorang guru? anda patut bersyukur menjadi seorang guru karena memiliki pekerjaan yang mulia. Namun sering sekali saya membaca di media bahwa banyak guru honorer yang mendapatkan penghasilan yang kecil, bahkan tidak mencapai angka satu juta. Jadi apakah seorang guru yang mendapatkan penghasilan sekecil itu hanya dapat duduk meratapi nasib? tentunya tidak, karena saat ini sudah banyak peluang usaha yang cocok untuk dijalankan oleh para guru.
Biasanya para guru lebih banyak memiliki waktu luang daripada karyawan di sebuah perusahaan. Nah, waktu luang ini dapat anda manfaatkan untuk membuka sebuah bisnis.
Untuk anda yang ingin membuka usaha sampingan, saya akan berikan peluang usaha yang cocok dilakukan untuk guru, berikut adalah ulasannya :


1. Usaha Les atau Bimbingan Belajar


Untuk kegiatan belajar mengajar memang sudah menjadi kegiatan yang biasa dijalankan oleh seorang guru. Untuk guru yang mendapatkan penghasilan yang kecil dapat mencoba peluang yang cocok yaitu membuka usaha sampingan bimbingan belajar atau les. Untuk anda yang hanya menguasai satu mata pelajaran anda dapat membuka usaha bimbingan belajar sesuai dengan pelajaran yang anda kuasai. Jika anda menguasai lebih dari satu mata pelajaran anda dapat membuka usaha ini dengan klasifikasi lebih dari satu pelajaran.
Anda dapat memanfaatkan halaman atau ruang tamu untuk melakukan usaha ini. Terlebih lagi jika anda memiliki ruang kosong yang cukup untuk menampung beberapa anak untuk bimbingan belajar atau les. Jika tempat yang anda miliki terbatas, Anda dapat membuka les privat yang mendatangkan rumah murid. Untuk harga tentunya nmembuka le privat akan mendapatkan salary yang lebih besar. Lev sprivat dilakukan 1 sampai 2 jam, baik sore ataupun malam.

2. Usaha Menjual Barang di Koperasi


Kemungkinan besar setiap sekolah memiliki koperasi yang dikelola oleh pihak sekolah. Gunakan koperasi ini sebagai peluang bisnis. Anda tidak perlu membuka koperasi, anda hanya menyetok barang untuk kebutuhan siswa yang belum tersedia di koperasi sekolah. 
Ya, jadi anda hanya memerlukan modal untuk menyetok barang di koperasi. Barang - barang tersebut bisa berupa kain seragam, alat peraga, aksesoris komputer, dan barang lainnya.

3. Usaha Kuliner

Jika Anda seorang guru yang pandai dalam hal memasak dan menyukai bidang kuliner, anda dapat memperlihatkan keahlian memasak anda dengan membuat suatu kuliner dan menjajakannya. Anda dapat membuat usaha katering, atau membuat makanan kecil seperti roti, gorengan, cemilan, dan lain sebagainya. Usaha ini di kerjakan dirumah dan dilakukan setelah selesai mengajar atau di hari libur.
Anda juga dapat menawarkan jasa penyediaan konsumsi untuk macam-macam kegiatan di sekolah tempat anda mengajar ataupun di sekolah lain karena biasanya seorang guru mempunyai banyak relasi dan kenalan dengan rekan guru - guru yang lainnya. Atau anda dapat mencoba alternatif lain dengan menjual kuliner di sekolah tempat anda mengajar dengan target konsumen adalah para murid. Anda dapat menjualnya disaat para murid dan guru memasuki jam istirahat.

4. Bisnis Online

Bisnis secara online merupakan salah satu ide yang bagus untuk dijalankan oleh seorang guru. Karena bisnis online dapat dikerjakankan dimana saja dan kapan saja tanpa mengganggu kegiatan di sekolah. Anda dapat menjadi pengola wibsite, menjadi penulis, jual beli melalu online, dan berbagai kegiatan bisnis online lainnya.
Lakukanlah bisnis online sesuai dengan apa yang anda minati agar anda selalu serius mengerjakannya karena termotivasi. Jika anda memiliki ilmu-ilmu yang berhubungan dengan internet marketing maka akan sangat menguntungkan untung anda. Ilmu yang dapat anda pelajari seperti sosial media marketing, SEO, pengembangan website, pemasangan melalu iklan, dan lain sebagainya.
Jika anda ingin mencoba bisnis online silahkan baca terlebih dahulu Cara Cepat Menghasilkan Uang dari Bisnis Online.

5. Berbisnis MLM Secara Online

Salah satu peluang usaha sampingan yang dapat diperhitungkan oleh para guru adalah bisnis MLM. Bisnis MLM secara online berbeda dengan bisnis MLM offline yang dapat menyita banyak waktu. Selain keuntungan yang lebih mengesankan, proses MLM offline juga lebih mudah karena bisa dikerjakan kapan saja jika ada waktu luang, untuk bisnis ini anda harus mempunyai perangkat komputer serta koneksi internet.

Salah satu bisnis MLM online yang saya rekomendasikan dan mudah untuk anda lakukan adalah bisnis MLM Melilea. Bisnis ini menjual produk yang berbahan dari organik, mulai dari makanan, produk kecantikan, susu, hingga juice apple. Modal bisnis ini tidak besar, yang diperlukan hanya semangat untuk mengenalkan gaya hidup organik kepada para rekan anda. Anda akan mendapatkan dua keuntungan yaitu dari penjualan langsung dan dari penjualan jaringan anda. Saat ini telah banyak yang berhasil dalam bisnis ini, banyak yang sudah mempunyai penghasilan puluhan juta rupiah perbulannya. Jika anda ingin memulai bisnis MLM online ini silahkan baca artikel yang membuat berita tentang bisnis MLM online Melilea.

Sekian informasi mengenai peluang usaha yang cocok untuk guru, semoga artikel yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Jika anda ingin mengetahui tentang peluang bisnis apa saja yang didapatkan dari burung kicau, silahkan baca Peluang Bisnis Burung Kicau.

1 komentar:

  1. Usaha Les atau Bimbingan Belajarmemang cocok sebagai peluang usaha yang cocok dilakukan untuk guru, apalagi di kota kota besar padat penduduk seperti, Jakarta, Bekasi, Bogor, bandung dan surabaya

    Salam kenal Saya distributor susu kedelai organik Melilea
    suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang bisnis

    BalasHapus